berita sdit
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PICTURE PADA SISWA KELAS I SDIT BINA AMAL SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Nur Attika L, S.Pd
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan peneliti tentang rendahnya minat dan hasil belajar membaca pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IA di SDIT Bina Amal Semarang. Hasil pengamatan pada nilai sikap menunjukkan bahwa (83%) memiliki kategori sikap sedang dan kurang baik dan (17%) memiliki kategori sikap baik terhadap pembelajaran bahasa Indonesia dan masuk dalam kategori minat belajar rendah. Hasil belajar siswa pun menujukkan rata-rata cukup rendah, yaitu 55,17%. Peneliti menggunakan media kartu huruf bergambar untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat dan hasil belajar membaca. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari 4 tindakan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data pengamatan sikap dan hasil tes ketrampilan membaca siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada siklus I, pengamatan pada nilai sikap menunjukkan, (62%) siswa memiliki kategori sikap baik terhadap pembelajaran bahasa Indonesia; sedangkan pada siklus II nilai sikap meningkat menjadi 83% siswa memiliki kategori sikap baik. Persentase ketuntasan hasil belajar pun meningkat dari 62,07% di Siklus I menjadi 82,76% di siklus II.